Daerahheadlinenasional

PJ Bupati OKU Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

×

PJ Bupati OKU Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini

Jakarta, lensaperistiwa.id – Penjabat Bupati (PJ) Ogan Komering Ulu H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd menghdiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) tahun 2023, Rabu (2/3/2023). Kegiatan yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta ini dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu Menteri Dalam Negeri DR. H. Muhamad Tito Karnavian, B.A, M.A, Ph. D, dan Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, S. Sos, MM. Kegiatan yang mengusung tema “Penguatan Resilensi berkelanjutan menghadapi bencana Tahun 2023 ini diikuti oleh Gubernur, Bupati/Walikota, Jajaran BNPB, BPBD se- Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan, saat ini hampir seluruh negara mewaspadai perubahan iklim yang berpotenai meningkatkan ftekuensi bencana. “Perubahan iklim ini menyebabkan frekuenai bencana alam didunia naik drastis, Indonesia menempati tiga teratas paling rawan bencana,” kata Presiden Jokowi.

 

Disebutkan Presiden, di Indonesia Frekuensi bencana naik 81 persen. Dari catatan pemerintah pada tahun 2010 tecatat 1.945 bencana dan naik menjadi 3.544 bencana pada tahun 2022. Bencana itu meliputi banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, gempa bumi serta bencana alam dan non alam lainnya.

 

Oleh sebab itu, siaga dan waspada menjadi kunci, baik tahap prabencana, tanggap darurat, maupun pasca bencana. Semua harus disiapkan dan dikelola dengan baik,” pesannya.

 

Presiden juga menekankan,tahap prabencana merupakan hal yang sangat penting untuk mitigasi risiko serta meminimalisir korban bahkan kerugian. Presiden juga menekankan, tahap prabencana sangat penting untuk memitigasi risiko serta meminimalisir korban dan kerugian akibat bencana.

“Langkah antisipasi harus menjadi prioritas,” ujarnya.

 

Comment

Daerah

Lensaperistiwa.id | PALEMBANG, – Pj Bupati Musi Banyuasin…