Daerah

Terkecoh 115 kg Sabu – Sabu Ditutupi Karung Beras dikemas Bungkus Teh

×

Terkecoh 115 kg Sabu – Sabu Ditutupi Karung Beras dikemas Bungkus Teh

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG, lensaperistiwa.id – Lebih dari 100 kilogram narkotika jenis sabu yang hendak masuk ke kota Palembang Sumatera Selatan berhasil digagalkan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel, Selasa (23/1/2023) kemarin.

 

Jumlah tepatnya, 115 kg jenis sabu sabu. Barang haram tersebut diamankan dari mobil Avanza warna silver BA 1866 KB yang disopiri Nurhasan (46), warga Jl S Parman, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Sukarami, Palembang.

 

kasus ini yang kedua setelah pada 23 Januari 2021 lalu, BNN juga berhasil gagalkan penyelundupan 117,16 kg sabu-sabu dan 54.702 butir ekstasi di perairan Banyuasin.

 

Dikutip dari sumatraekspres.bacakoran.co 115 kg sabu-sabu kali ini berasal dari Riau, Nurhasan diduga sebagai kurir, Tujuan narkoba itu ke Plaju. Namun, upaya penyelundupan itu terendus petugas BNNP Sumsel. Selasa (24/1) siang, petugas mencurigai adanya mobil Avanza tak bertuan yang terparkir di pinggir Jl Palembang-Betung, Km 16. Ditinggal pergi pemiliknya. Sesuai informasi yang masuk, di kawasan itulah transaksi narkoba dalam jumlah besar akan terjadi.

 

Dalam pengintaian, personel BNNP Sumsel dipimpin Plt Kabid Pemberantasan dan Intelijen, Kombes Pol Basani Sagala MH tak mau terburu-buru memeriksa mobil berplat BA 1866 KB dari Padang, Sumbar itu.

 

Benar saja, sekitar pukul 11.20 WIB petugas melihat seorang laki-laki mendekat dan langsung masuk ke dalam mobil tersebut.

 

Pria itu langsung memacu mobil itu menuju Kota Palembang. Tim membuntuti dan akhirnya mencegat kendaraan roda empat itu di Jl Kol Dhani Effendi, Kelurahan Talang Betutu, Kecamatan Sukarami.

 

Begitu digeledah, petugas menemukan koper warna hitam berisi 20 bungkus teh Guanyinwang berisi sabu-sabu. Tiga karung warna putih yang masing-masing berisi 20 bungkus sabu. Total 60 bungkus. Dan satu karung beras warna putih berisi 15 bungkus sabu. Lalu, empat karung putih lain yang masing-masing berisi lima bungkus sabu. Jumlah 20 bungkus. Total keseluruhan ada 115 bungkus teh. Tiap bungkus beratnya 1 kg sehingga seluruhnya sekitar 115 kg sabu-sabu.

 

Petugas nyaris terkecoh karena karung-karung berisi sabu itu dicampur dengan karung berisi beras. Kepala BNNP Sumsel, Brigjen Pol Djoko Prihadi membenarkan penangkapan tersebut.

 

Comment