headlinenasional

Pertamax Jadi BBM Bersubsidi dan Petalite Akan Dihapus

×

Pertamax Jadi BBM Bersubsidi dan Petalite Akan Dihapus

Sebarkan artikel ini
Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina (Persero) (Foto:Istimewa)

lensaperistiwa.idPT Pertamina (Persero) telah mengusulkan untuk menghapus bahan bakar mesin (BBM) jenis pertalite dan akan diganti dengan pertamax green 92 mulai tahun depan.

 

Dilansir dari CNN Indonesia, usulan tersebut dilakukan langsung oleh Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI pada Rabu, (30/08/2023).

 

Menurut Nicke, penghapusan pertalite itu akan sejalan dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), di mana produk BBM yang dapat dijual di Indonesia itu minimal RON 91.

 

“BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91,” ucap Nicke.

 

Nicke juga mengungkapkan, setelah sukses merilis Pertamax green 95 di awal bulan lalu, kini pihaknya juga tengah dalam proses peluncuran Pertamax Green 92 sebagai pengganti Pertalite.

 

Diketahui, pertamax green 92 itu merupakan campuran dari RON 90 (pertalite) dengan 7 persen biotanol (E7). Selain itu, dengan adanya pertamax green 92 itu dianggap menjadi langkah yang sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mendukung pemerintah untuk penurunan emisi dari bensin.

 

“Jadi, ada 2 green gasoline, green energy, low carbon yang jadi produk baru dari Pertamina,” ucap Nicke.

 

Selain menekankan penurunan emisi dari bensin, menurut Nicke hal itu juga dapat mengurangi anggaran untuk impor gas dan lebih menguntungkan dari sisi pengembangan industri hulu bioenergy ketimbang harus mengalihkan subsidi pada bensin dengan kadar oktan rendah.

 

Comment

Daerah

Lensaperistiwa.id | PALEMBANG, – Pj Bupati Musi Banyuasin…

Berita

Lensaperistiwa.id • Hari Buruh Internasional muncul pada akhir…