headlineOKUSUMSEL

Kaderisasi Berkelanjutan Pengrajin Anyaman Bambu Ulu Ogan (Bambugan) Binaan PGE Lumut Balai

×

Kaderisasi Berkelanjutan Pengrajin Anyaman Bambu Ulu Ogan (Bambugan) Binaan PGE Lumut Balai

Sebarkan artikel ini
Foto Bersama Peserta Pengrajin Bambu

Ulu Ogan, lensaperistiwa.id -Para senior pengrajin bambu generasi pertama binaan PGE berbagi ilmu dengan kader baru dalam menciptakan peluang usaha kemandirian yang diselenggarakan melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai tahun 2023 (25/9/2023).

 

Desa Kelumpang yang berada di Kecamatan Ulu Ogan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, merupakan Desa Wisata yang berhasil dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif th.2023, yang diawali dengan dukungan dari beberapa program CSR PT Pertamina Geothermal Energy Tbk area Lumut Balai yang telah berjalan sejak 2021 seperti objek wisata belanting river tubing, budidaya kopi ulu ayakh, budidaya durian serta seni kerajinan bambu.

 

Turut hadir dalam penutupan acara pelatihan kerajinan bambu, Ass. Manager Gov & PR PGE Lumut Balai Ryan Dwi Gustriandha, Pelatihan seni anyaman Kerajinan Bambu ini dipandang perlu berkelanjutan untuk mendukung nilai kearifan lokal desa wisata kelumpang kepada kelompok masyarakat disekitar wilayah operasi PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Area Lumut Balai, untuk dapat memiliki keterampilan seni variasi dengan memanfaatkan rumpun bambu berlimpah yang memiliki nilai ekonomis untuk para UMKM kelompok bambugan di desa wisata ini.

 

“Pelatihan tahap 2 tahun ini menciptakan 10 kader dari wilayah desa kelumpang & gunung tiga, dimana beberapa pesertanya dari anggota karang taruna, PKK & Pokdarwis Desa Kelumpang yang saat ini berjumlah 20 kader hasil binaan CSR PGE Lumut Balai sejak tahun 2022”, kata Ryan.

 

Comment