OKUPolitik

Peran Media, Mengawasi Atau Diawasi ?

×

Peran Media, Mengawasi Atau Diawasi ?

Sebarkan artikel ini
Foto Gunawan petir: Suasana kegiatan Coffe Morning bersama awak media yang di adakan KPU OKU di hotel bill

OKU | lensaperistiwa.idPeran media sangat penting bagi pemilu 2024 yang tidak lama lagi, soal independen media dalam konteks sebuah perusahaan menjadi sebuah pertanyakan, apakah media tersebut mau mengawasi atau mau diawasi.

Dr Hendra Alfani salah satu narasumber kegiatan Coffe Morning bersama awak media yang di selenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU yang di selenggarakan di hotel Bil, menjadi sorotan dalam dunia jurnalistik saat ini, Kamis (14/12/2023).

“Konteks sebuah perusahaan jika kita bertanya apakah ada yang independen, tidak ada,” ucap Hendra Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Baturaja (Unbara).

Walaupun tak ada larangan, namun para awak media atau orang yang bergelut di bidang ini tentu saja tidak boleh mengabaikan 9 prinsip elemen jurnalisme.

“Kewajiban pertamanya di media adalah tetap menyampaikan Kebenaran, media boleh melakukan apa saja, tetapi pertanggung jawabannya ada pada publik,” ungkapnya.

Jadi, Optimalisasi nya sangat penting, kata mantan wartawan di salah satu media ternama di Sumsel, karena media memegang opini publik di jaman sekarang ini.

“Pada akhirnya, apakah media sekarang ini mau mengawasi atau mau di awasi? Sedangkan makin kesini, sudah ada medsos, dan informasi yang tersebar mengalahkan media arua utama, jadi walau tidak perlu di bicarakan detailnya, tapi ini penting,” jelasnya.

Kegiatan Coffe Morning yang di selenggarakan KPU OKU bertemakan “Peran Media Dalam Mendukung Penyebaran Informasi Pemilu dan Kepemiluan” Dr Hendra Alfani salah satu pembicara dari 5 pembicaraan.

Comment