DaerahEkonomiSosbudSUMSEL

Pemkab Muba dan BRIN, Bahas Kajian Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Muba

×

Pemkab Muba dan BRIN, Bahas Kajian Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Muba

Sebarkan artikel ini

lensaperistiwa.id | Dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas kebijakan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Pj Bupati Muba H Sandi Fahlepi melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Andi Wijaya Busro SH MHum, membuka rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Muba oleh tim pemberdayaan masyarakat untuk menangani kemiskinan dari Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah (BRIN), Selasa (14/5/2024) Ruang Rapat Serasan Sekate.

 

Pada kesempatan Rakor ini, Analis Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Ahli Muda Direktorat Fasilitasi dan Pemantauan Riset dan Inovasi Daerah Deputi Bidang Riset dan Inovasi Daerah, Malikus Zahar MEng menyampaikan, jadi ada enam kabupaten yang akan dilakukan rencana aksi salah satu kabupaten nya ialah kabupaten Muba.

 

Dari rencana aksi ini dilakukannya
kajian advokasi kebijakan evaluasi dan penguatan program di daerah. Peningkatan produktivitas dan pemberdayaan masyarakat daerah. Melaksanakan pembinaan teknis untuk penguatan program dan pemberdayaan masyarakat miskin pada lokus yang telah ditetapkan di daerah.

 

“Ada 10 tahapan dari rencana aksi diantaranya, telaah kajian 2023 dan Fgd KL praktisi. Koordinasi Pemda. Survei daerah. Pembinaan teknisi 1. Pembinaan teknisi lanjutan. Penyusunan modul. Sosialisasi. Rekomendasi kebijakan. Evaluasi dan laporan RB final,” jelasnya.

 

Lanjutnya, untuk pola atau model penanganan dan pengentasan kemiskinan di Muba sudah sangat masif dilakukan sejak dua tahun belakangan. “Untuk itu, kami ingin agar bisa bersinergi dengan Pemkab Muba dalam upaya pengentasan kemiskinan terutama dari sisi pemberdayaan masyarakat. Serta berharap model pengentasan kemiskinan di Muba ini dapat menjadi bagian acuan dari daerah lainnya di Indonesia,”ungkapnya.

Comment

Daerah

Lensaperistiwa.id | PALEMBANG, – Pj Bupati Musi Banyuasin…