OKU

Hidupkan Kembali Budaya Jogja, Kades Battu Winangun Resmikan Kesenian Kuda Lumping

×

Hidupkan Kembali Budaya Jogja, Kades Battu Winangun Resmikan Kesenian Kuda Lumping

Sebarkan artikel ini
Foto; kepala Desa Battu Winangun Yadi memberikan arahan saat peresmian kesenian kuda lumping di dusun Banjar Sari desa Battu Winangun

OKU, lensaperistiwa.id– Pemerintah Desa Battu Winangun Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten OKU meresmikan Kelompok Kesenian Seni Jatilan Kuda Lumping, yang diberi nama  Hangesti Lestari Budoyo.

Kegiatan inì di pusatkan Di Dusun Banjar Sari, pada Selasa (6/8/2024), dengan menampilkan kebudayaan Kuda Lumping yang berasal dari daerah Istimewa Jogjakarta.

Kepala Desa Battu Winangun Yadi Wijoyo saat ditemui tim media Peristiwaterkini.net mengatakan, bahwa sudah lama akan melestarikan budaya inì di desa Battu Winangun.

“Berawal dari pengalaman masa kecil saya di Jogja hidup di lingkungan kesenian kuda lumping, dan saya berangan-angan bisa menghidupkan kembali kesenian di mana saya berada,” katanya.

Advertisements

Foto : pose bersama

Saat inì, lanjutnya, saya sebagai kepala desa bisa menghidupkan kesenian kuda lumping inì, hari inì saya resmikan di Dusun Banjar Sari, kenapa di pilih dusun dusun tersebut karena banyak mayoritas masyarakat dari Jogjakarta.

Comment