JOGJA

Selain Kebakaran, Relawan Damkar Harus Menguasai Penanggulangan Kebencanaan

×

Selain Kebakaran, Relawan Damkar Harus Menguasai Penanggulangan Kebencanaan

Sebarkan artikel ini
Foto Wawan Peristiwaterkini : GKR Mangkubumi dan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jogja Taokhid memberikan keterangan usai acara

GKR Mangkubumi menjelaskan atau wilayah sumbu filosi yang harus ada petugas mulai dari Tugu Jogja hingga Kraton.

“Karena sudah ada pengakuan dari UNESCO dan sebagian besar bangunan Kraton terbuat dari kayu maka Abdi Dalem wajib berpartisipasi dan bergabung dengan Dinas Damkar Kota Jogja,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jogja Taokhid S.I.P., M.Si menjelaskan jumlah anggota yang dilantik 60 orang.

“Dari 60 orang relawan tersebut, 30 dari Abdi Dalem dan 30 lagi dari Jogoboro yang memang bertugas sepanjang Malioboro,” tegasnya.

Taokhid menerangkan potensi kebakaran di sumbu filosofi lebih besar dibandingkan kawasan lain karena kepadatan penduduk dan aktifitas warga.

“Sumber kebakaran di Kota Jogja selama ini akibat korsleting listrik dan human error, termasuk penggunaan yang tidak bijak terhadap penggunaan fasilitas-fasilitas yang berlebihan,” jelasnya.

Data Kebakaran di Kota Jogja mulai bulan Januari hingga akhir Agustus kemarin ada 48 kasus di dominasi penyebab kebakaran dari pembakaran sampah.(one)